Go

Perbedaan Penggunaan Publish, Release, dan Issue

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada October 29th at 1:58pm
Share :

Publish, release, dan issue sama-sama digunakan untuk memberitahukan atau mengeluarkan sesuatu kepada publik. Harus diakui penggunaan publish, release, dan issue sama-sama bisa digunakan secara bergantian. Akan tetapi, jika ditelisik lebih dalam lagi, terdapat perbedaan penggunaan antara publish, release, dan issue dalam bahasa Inggris. Untuk lebih jelasnya, lihat penjelasnnya di bawah ini:

1. Publish

Publish adalah “mempublikasikan”. Umumnya hal yang dipublikasikan adalah hal yang berhubungan dengan tulisan, seperti artikel, surat kabar, majalah, dan fotografi. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Oxford bahwa publish addalah “to print a letter, article, photograph, etc. in a newspaper or magazine; to make sth available to the public on the Internet”

a. I have published a new post. (Saya telah mempublikasikan sebuah tulisan)

b. The government will publish a new thesaurus (Pemerintah akan mempublikasikan sebuah tesaurus baru)

c. Oxford published Oxford Learner’s Dictionary in 2010. (Oxford mempublikasikan Oxford Learner’s Dictionary tahun 2010)

2. Release

Release adalah “mengeluarkan”. Hal yang dikeluarkan adalah agar diketahui oleh publik. Jika publish berhubungan dengan tulisan, tetapi release lebih menitikberatkan pada informasi, bukan tulisannnya. Seperti release pada tuntutan demonstran yang diberikan kepada wartawan. Oxford menjelaskan release dengan “to make information formally available to the public”. Release juga bisa kita gunakan seperti yang digunakan pada publish seperti buku, film, CD, dan produk lainnya yang ditujukan kepada publik.

a. The police will release a picture of the robber. (Polisi akan mengeluarkan gambar perampok)

b. The organization released a new policy. (Organisasi tersebut mengeluarkan kebijakan baru)

c. The first her novel was released in 2001. (Novel pertamanya dikeluarkan tahun 2001)

3. Issue

Dari ketiga kata, issue memiliki jangkauan yang lebih luas dalam penggunaanya. Umumnya issue digunakan untuk mempublikasikan sesuatu yang dimiliki oleh pihak atau seseorang yang memiliki otoritas, selain itu penggunaan yang sama dengan publish dan release.

a. The Post Office issued a special stamp. (Kantor Pos mengeluarkan perangko spesial)

b. President Soekarno issued a proclamation. (Presiden Soekarno mengeluarkan pernyataan)

c. A lawyer may 'issue a statement' on their behalf. (Seorang pengacara mungkin mengeluarkan_ sebuah pernyataan atas nama mereka.)

Artikel Lainnya

Shy, Ashamed, Embarrassed, Shame on You?
On Time VS In Time: Idiom Bahasa Inggris Lainnya yang Berhubungan dengan Waktu
Adjunct
Reported Speech: Direct & Indirect Speech
Paragraf Deduktif, Paragraf Induktif, Paragraf Deduktif-Induktif, dan Paragraf Tersebar
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi